Generasi Komputer

Komputer merupakan mesin yang menerima data (input) dan kemudian memprosesnya menjadi informasi berguna dan disimpan dalam penyimpanan sekunder untuk penggunaan masa depan atau dikeluarkan melalui printer dan lain-lain (output). Komputer sebenarnya berasal dari bahasa latin c omputare yang berarti menghitung karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam menentukan termininologi komputer.

Generasi Pertama-Tabung hampagas

(1942 – 1958)
1. Menggunakan teknologi tabung hampagaransistor (1959 – 1964)

1. Menggunakan transistor menggantikan tabung hampa gas. 2. Dibuat oleh tiga ilmuwan di Bell Laboratories, yaitu J. Bardeen, HW Brittain dan W. Shockley. 3. Transistor adalah sebuah alat elektronik yang kecil di mana fungsinya adalah untuk mentransfer sinyal listrik melalui penghalang. 4. Kompatibilitas terbatas. Program yang ditulis untuk satu komputer perlu diubah untuk dilaksanakan pada komputer lain. 5. Menggunakan hanya pita untuk penyimpanan yang dapat memproses secara urutan saja. 6. Menggunakan bahasa level rendah yaitu bahasa simbolik. 7. Lebih kecil, ringan, murah tahan lama dan mudah digunakan. 8. Bahasa pemrograman tingkat tinggi atau bahasa perakitan (assembly language) seperti FORTRAN dan cobol.Generasi Ketiga-Sirkuit Listrik
(1964 – 1970)1. Menggunakan teknologi sirkuit terpadu yang terdiri dari ribuan transistor yang ditempatkan pada lempengan silikon. 2. Program lebih kompatibel. 3. Dimulainya konsep multi pemrograman. Beberapa pengguna berbagi mesin. Istilah baru kemitraan masa. 4. Dimulainya proses acak dengan penggunaan disk magnet. 5. Lebih kuat, utuh dan padat.6. Bahasa pemrograman diproduksi seperti BASIC dan Pascal.Generasi Keempat (1971 -1999)
1.Penggunaan sirkuit terpadu skala besar. Istilah yang digunakan adalah integrasi Skala-Besar (Large-Scale Intergration
ataupun LSI). 2. Penggunaan mikro pemrosesan pada satu serpihan. 3. Dengan pengenalan penyimpanan virtual, program yang berukuran beberapa kali ukuran memori mesin dapat dilaksanakan. 4. Pengenalan ke CD memori baca saja (Compact Disc Read Only Memory (CD ROM). 5. Memori utama komputer menjadi lebih efisien, cepat dan besar. Generasi Kelima (2000 hingga kini)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s